Thursday, October 6, 2016

Mencari bentuk

Dear temen....
Begini ya...

Pengikut di FB Saya yang banyak belajar tentang bisnis, didominasi oleh start up. Andai sudah jalan, omsetnya dibawah 1M per bulan. Berarti skalanya masih kecil sekali.

Apalagi start up. Bentuk bisnisnya belum jelas. Berganti-ganti. Bahkan relatif masih mencari bentuk.

Sebagian besar adalah pedagang yang dagangin apa aja. Asal menghasilkan cash. Sehingga kontinuiti bisnisnya masih tanda tanya besar. Karena low entry barrier. Siapa aja bisa main.

Adapun yang relatif mapan dan punya merk, omsetnya belum besar, dan usia bisnisnya belum dapat dikatakan stabil. Lingkungan bisnisnya masih memberi celah untuk hadirnya pendatang baru yang akan menggerogoti market.

Jika memang sudah besar banget, pastilah sahabat pebisnis tersebut sudah bayar konselor 50 juta sd 100 juta per bulan, hanya untuk membantu mereka scale up. Tentu gak rempong-rempong baca-baca FB Saya yang gratisan, atau ikut SBDKK yang 270ribuan...

Jadi begini..

Bayangkan kalo start up dan para pelaku bisnis pemula ini disemangati untuk berhutang? Atau dianjurkan untuk berhutang? Atau dibolehkan... sampai taraf level dibolehkan saja.. Saya benar-benar ngeri... maaf jika bercampur dengan trauma pribadi...

Bayangkan harta orang, dilibatkan dalam perjalanan bisnis yang masih mencari bentuk. Keduanya akan sama-sama jatuh. Yang punya dana akan sangat mungkin kehilangan dananya, yang mengelola akan jatuh dalam pusaran tekanan hidup yang bisa membuatnya tidak produktif.

Maaf ya.. jangan gegabah berkata, malah dengan tekanan itu dia akan sukses. Banyak lho yang bercerai, kehilangan keluarga, kehilangan sahabat, terkucil pergi, bahkan gak punya kehidupan lagi. Jangan diremehkan.

Lalu... misalnya pun memakai dana pinjaman dari institusi finansial yang membutuhkan kolateral, tetap saja resikonya bisa disita.

Yang gawatnya lagi, pebisnis pemula itu jelas belum punya property, yang ada mungkin property orang tua atau mertua. Berapa banyak Saya menemukan mereka yang menggadaikan sertifikat orang tua dan mertua nya. Dan akhirnya orang tua dan mertuanya harus terteror pergi dari rumah. Bukannya berbakti malah bikin susah di hari tua. Mau jadi apa coba... baper ih...

Jadi begini...
Saya selalu ngajak temen2 yang diskusi modal di messenger, atau mereka yang ikut SBDKK, bahkan orang Indonesia di luar negeri yang sudah nabung ratusan ribu dollar,... untuk memulai dari hal yang sederhana. START SMALL. Mulailah dari bilangan yang kecil. Karena setiap bisnis memerlukan uji riset terus menerus. Awalan bisnis itu sangat besar kemungkinan gagalnya. Mau dikata sudah studi kelayakan kek.

So, Latihan saja dulu menghadirkan cash.
Kalo mau belanja modal, belanjakan ke barang stok, jadi aman, kalo gak laku, someday bisa dijual murah. Selama gak expired.

Atau bahkan start jualan barang-barang yang tidak membutuhkan modal. Banyak banget. Ambil di toped, jual ke temen-temen yang males nyari. Main shopify. Apa kek.. jadi affiliate gitu.. yang penting bertanggung jawab menghasilkan rupiah dulu. Itu dulu. Creating freecash!

Kalo bener bener gak ada penghasilan, sampe sampe beli data untuk koneksi aja faqir. Ya kerja dulu aja kenapa? Mulia juga kok jadi karyawan. Latih dulu kedisiplinan di perusahaan yang disiplin. Bangun dulu karakter diri. Latih dulu otot kerja Anda.

Kerja aja dulu. Supaya punya penghasilan bulanan. Supaya bisa survive. Kerja ke perusahaan itu paling jam 8 sd 17. Itu jam 17 sd 8 panjang bener waktunya. Bo'ong aja gak ada waktu. Dasar Anda malas aja kalo bilang udah capek dan sebagainya.

Gunakan malam hari, tidur 4-5 jam. Jangan manja-manja lah. Gunakan after work hour untuk berwirausaha. Bagun arus income.

Jadi...
Jangan dikit-dikit mikir modal dari orang..
Dikit-dikit mikir pinjaman...
Dikit-dikit mikir apa yang diagunkan..
Dikit-dikit mikir hutang yang mana yang halal..
Dikit-dikit mikir mitra pendana/ investor..

Saya sudah terlalu banyak bertemu mereka yang hebat-hebat bisnisnya, mereka memulai dari hal kecil. Dan tanpa modal. Aktivitas utama mereka yang hanya bergerak dan bergerak menghasilkan cash. Kerjasama yang baik dengan supplier. Bisa dapat bahan baku bayar tempo. Dan memulai dari SDM yang minim.

Saya gak menutup mata dan tidak menafikkan.. kalo ada juga yang melesat hebat dengan hutang.. ya silakan saja diikuti kalo kuat dan berani... saya secara pribadi tidak menganjurkan...

Beda hal kalo Anda generasi kedua kayak Saya di keke. Bisnis sudah mapan. Brand alhamdulillah sudah berkibar. Itu saja kami sangat berhati-hati dengan debt. Bahkan cenderung nggak.

Kalo memang perusahaan papah atau mamah Anda memang bisa dikatakan stabil. Dan memang mau pake DEBT. Semua terukur. Analisa resikonya sudah mapan. Ya silakan.

Tapi ya gitu..
Semapan mapan nya Blue Bird.. curhat juga toh pake video... sorry lho ya.. sila diresapi aja..

Sorry nih Saya jadi curhat wal baper...

Ngapain saya repot-repot berbagi di FB. Ngurusin film layar lebar rasanya rupiahnya lebih sip. Ngapain capek-capek ngajarin start up. Bi idznillah, KeKe itu asal produksi aja, alhamdulillah demandnya hidup terus. Alhamdulillah.

Maka Saya begini-begini nih.. bener bener... supaya temen temen mulai bisnisnya dengan bener.. jangan gegabah..

apalagi masih muda muda.. nama baik itu yang mahal. Kalo sudah dimusuhin.. kalo sudah dicap buruk.. Anda cuma bisa berjalan di celah sempit yang masih terbuka.. dan itu sakit.. sakit banget...

Kalo masih muda.. gegabah melangkah.. yang harusnya lejitan potensi Anda bisa sejuta.. ketekan jadi seratus.. jadi orang kalah.. salah.. terpojok.. gak kemana mana...

Tolong.. tolong... ini saya nulis pake hati...
Saya yakin temen temen itu hebat.. jualan dikit aja sudah menghasilkan rupiah.. yang perlu dilakukan cuma sabar.. tahan laba.. jangan banyak prive.. jangan banyak diambil ambil.. kuatkan modal kerja. Nanti bakal gede juga. Percaya deh. Allah mah memahami hati hambaNya.

Daripada pusing mikirin pendana atau investor..
Fikirin tuh pelangganmu.. kecewa gak sama produkmu..
Pikirin tuh tim mu, yakin gak mereka sama masa depan peruahaanmu..
Fikirin tuh produk dan layananmu.. sudah compete gak sih?

Kok malah mikir minjam uang orang itu lho.. ya Allah..

Kalo kata guru Saya.. YOUR HEAD....

Hehehehe...

udah ah.. kalo diterusin bisa jadi novel ini...

Saya cinta temen temen UKM. Saya cinta dan sayang sama anak-anak muda yang mau bisnis.. 20 tahunan sudah melangkah bisnis.. mantap.. gak cuma mikirin dirinya.. kalo mikirin dirinya doank.. makanya melangkah bisnis.. itu bukti niat hidup untuk orang lain.

Saya seneng sama anak muda yang mimpinya besar. Walau masih karyawan, tapi mikir pertumbuhan. Saya salut. InsyaAllah Kakang mu ini temenin.. udah tua nih ane.. 30 tahun.. hahahaha...

Wassalam..
Thx for reading...

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home