Sunday, October 2, 2016

Belajar lagi dari masa lalu

Setelah menjalani beberapa tahun pemasaran online dari akhir 2013.  Hari ini menyadari pemasaran yang gapyek,  tidak pakai ilmu tinggi dan sederhana seringkali berhasil.  Sperti memancing di kolam ikan.  Ikan ya sedikit tapi ya pasti ada.  Kalao pake metode canggih seperti menjalankan di lautan.  Ada tapi belum tentu tepat  saking luasnya.  Saking banyaknya yng view tapi belum tentu ada nyatanya belanja.  Dan kenanya  dipasar yang jauh.  Sehingga orang masih berpikir dua kali.  Kalao kena pancingan di pasar lokal bisa langsung closing.  
Masih ingat pancingan kena di indonetwork berbuah order cetakan kantin dari jakarta,  pasang pancingan di kaskus dan WordPress berbuah order dari Lombok.  Hanya komunikasi via bbm.  Langsung jadi.  Invite invite an lewat bbm saja.  Dan mengubah foto foto di saja bisa berbuah closing di jaman itu.  Sekarang sudah berbeda metodenya. Cara bisa berbeda,  sekreatif  mungkin,  yang penting tujuan dan benerin yang ingin dicapai.  Ada yang lantas memanage  nya menjadi teman di facebook,  grup wa dan lain sebagainya.  Jadi tidak berhenti sampai sebatas bbm kontak saja seperti dulu.  

Lalu timbul pertanyaan,  kenapa dulu cara sederhana berhasil.  Dan sekarang tidak lagi.  Lebih sulit closing. Apakah dulu pasar kehausan  dan skr pasar sudah jenuh,  banyak pemain dengan metode yang sama.  Berebut dipasar yang sama? Bisa iya.  Atau bisa tidak.  Tidak,  karna "costumer behaviour"  berubah.  Dan costumer behaviour berubah ini di motor oleh pemain pemain besar ala lazada,  toped  dan bukalapak.  Orang sudah tidak menggunakan BlackBerry lagi. 
Note : beruntunglah yng dulu bisa mengumpulkan basis konsumen cukup banyak hanya dengan bbm pada BlackBerry nya.  Sehingga skr tinggal memanage basis konsumennya tidak dalam posisi saat ini baru mulai.  Sehingga perpindahannya  lebih mulus. 

Take a lead
Temukan metodanya
Kumpulkan basis kostumer
Suatu saat menikmati hasil,  ketika kostumer behaviour bergerak kembali.  

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home