Too much love will kill u
Akibat terlalu mencintai produk sendiri, dan enggan berubah traffik kaskus terus menurun.
Boleh dibilang kehadiran kaskus lebih awal daripada facebook. Khususnya di indonesia, kaskus punya basis pengguna yang besar .
Pengguna kaskus kemungkinan besar bermigrasi ke facebook dan Marketplace. Sebelumnya jualan di kaskus cukup populer di layanan fjb kaskus.
Namun, ketika muncul marketplace, bukalapak, tokopedia, dg layanan yang lebih fokus dan lengkap. Fjb tidak banyak berubah.
Migrasi pengguna kaskus ke kompetitor, facebok dan Marketplace , yang lebih baik tak bisa di cegah.
Kasus ini kemungkinan akan terjadi pada bisnis direktori macam indonetwork dan indotrading. Konsep bisnis ditektori memang b2b, pemilik bisnis posting disana dan pembeli nya adalah perusahaan lain. Namun, tidak ada perubahan signifikan di dalam aplikasinya. Aplikasi Hanya bisa diakses via pc pake browser lagi . Sementara lebih banyak pengguna smartphone, saat ini orang sudah malas membuka pc, hanya untuk bekerja saja. Dan banyak pekerjaan sudah bisa menggunakan smartphone saja. Layanan yang hanya bisa diakses via pc, berarti sudah ketinggalan traffik.
Traffik seharusnya terus bertumbuh
Perusahaan online dengan website yang sudah mapan pun, harua turun ke medsos. Perkakasku pake facebook dan Marketplace, indoteknik juga demikian. Maksindo juga demikian.
Sehingga perusahaan online yang masih jaga gengsi, emoh pake marketplace kemungkinan akan terus tergerus.
To much love will kill u
Perubahan begitu cepat, tak ada salahnya meniru sesuatu yang baik dari kompetitor. .
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home