Thursday, October 27, 2016

Orang Jerman

25OCT 2016

KENAPA ORANG JERMAN BEGITU PRODUKTIF??

 by swaragamafm | 0 Comments

Hai Akademia Jogja, kamu pasti nggak asing dong sama negara Jerman. Jerman adalah salah satu negara industri besar di eropa bahkan dunia. Sebagai negara dengan GDP terbesar alias paling tajir di eropa, nggak heran kalau Jerman disebut sebagai lokomotif ekonomi Eropa. Banyak brand ataupun industri besar lahir dari negara ini, baik industri otomotif, mesin, medis, kimia dan masih banyak lagi. Salah satunya adalah Mercedes-benz, BMW, Volkswagen, Adidas adalah beberapa brand jerman yang mendunia.

Sebagai negara industri, Jerman terkenal dengan tingkat produktifitas yang tinggi. Berdasarkan data OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development), produktifitas orang jerman menempati urutan ke 7 dunia. Padahal Jam kerja di sana cuma 7 jam dengan libur nasional sebanyak 6 minggu pertahunnya. Wow!!! Coba bandingkan sama Indonesia yang jam kerjanya 8 jam dan libur nasional 3 minggu tapi peringkatnya nggak sampai 60.  Harusnya, kalau menurut logika negara kita jauh lebih produktif kan, Akademia Jogja? Tapi, kenyataannya nggak. So, gimana bisa ya dengan jam kerja yang sedikit mereka bisa lebih produktif?

1.Waktu kerja, Ya kerja
Dalam budaya Jerman, waktu masuk jam kerja maka aktivitas selain buat bekerja nggak boleh dilakukan. Mereka harus fokus buat bekerja aja. Nggak boleh banget tuh bermain sosial media, bergosip apalagi pura – pura sibuk.

2.Keseimbangan antara waktu kerja dan waktu pribadi
Setelah pulang dari kerja, urusan kerja harus ditinggalin. Nggak etis membawa urusan kerja dalam kehidupan pribadi. Disana juga ada anggapan kalau orang yang nglembur adalah orang yang bodoh, soalnya dianggap nggak bisa mengatur dan menghargai waktu.

3.Disiplin dan kerja keras
Nggak diragukan lagi kalau orang Jerman emang dikenal sebagai pekerja keras dan sangat disiplin sama waktu. Nggak ada deh istilah jam karet, jadi jangan pernah coba-coba buat telat dalam hal apapun di Jerman apalagi udah janji.

4.To the point
Orang jerman nggak suka berbasa basi, mereka cenderung ceplas ceplos dan langsung to the point buat urusan apapun. Mereka bakal bilang ”saya butuh laporan ini jam tiga” bukan berbasa basi kayak ” saya akan sangat senang jika laporan ini bisa anda selesaikan jam tiga nanti”

5.Berorientasi Kualitas
Kualitas kerja yang didapatkan dari bekerja secara efektif sangat diapresiasi disana. Lama jam kerja bukan jadi jaminan akan kualitas yang lebih baik. Hasilnya juga tercermin dari berbagai produk buatan sana dimana umumnya punya kualitas premium dan terkenal awet.

Nah, kita juga bisa lho mencontoh cara kerja orang Jerman yang keren itu. So, mulai sekarang yuk biasakan buat bisa jadi lebih produktif! 

Kontributor: Agus Sugiharto 

Editor: Denia 

Previous Post

Next Post

 

Yukk Kirim Artikelmu disini :)

Find Us on Instagram

Follow on Instagram

Life @ SwaragamaFM

INFORMATION

PT. Radio Swara Gadjah Mada

Kompleks Bulaksumur H-5Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

0274 – 549513

0274 – 549515

program@swaragamafm.com

Recent Posts

INDONESIA BAKAL SEGERA JADI KIBLAT WISATA HALAL DUNIA TAHUN 2019DOCTOR STRANGE DAPET PENILAIAN FANTASTISKENAPA ORANG JERMAN BEGITU PRODUKTIF??ESSENTIAL OIL PUNYA SEGUDANG MANFAAT BUAT KESEHATANNYANYI SAMBIL SHOWERAN BISA NGURANGIN GALAUOPEN RECRUITMENT SWARAGAMA: STAF ACCOUNTINGANGKRINGAN DAN KEARIFAN LOKAL

SwaragamaJogjaFamilySTCSPro

Digital Media© 2016 Swaragama 101.7 FM Jogja!

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home