Thursday, November 16, 2017

Growth engine

Toggle navigationSelasar

 Startup  Bisnis

Apa yang dimaksud dengan mesin pertumbuhan usaha?

    

Answered Jun 01, 2017

Hilman Fajrian  
CEO-Founder Social Lab

FOLLOW | 76

Growth machine. Istilah ini biasa digunakan dalam bisnis startup. Mesin pertumbuhan adalah asal datangnya tenaga pertumbuhan bisnis kita. Ada 3 mesin pertumbuhan: viral engine, paid engine, sticky engine. Secara umum mesin ini dibagi untuk menjalankan 2 tugas: akuisisi dan retensi.

A. MESIN AKUISISI

Orang tidak serta-merta membeli produk hanya karena kita telah membuatnya. Kita harus bisa merebut perhatian mereka untuk menggunakan produk kita (akuisisi). Itu sebabnya kita mesti memiliki model distribusi yang hebat untuk menyebarluaskan penggunaan produk kita. Ada 2 mesin pertumbuhan dalam akuisisi pengguna atau pelanggan.

1. VIRAL ENGINE

Akuisisi menggunakan network effect (efek jaringan). Bentuknya beragam. Mulai dari word of mouth (dari mulut ke mulut), refferal, hingga viral loop. Contoh akuisisi menggunakan refferal antara lain seperti yang dilakukan Gojek yang memberikan refferal code dimana pemberi dan penerima kode refferal mendapatkan insentif.

Viral loop adalah akuisisi yang terjadi ketika seorang pengguna produk kita (secara tidak sadar) mempromosikan/menjual produk kita kepada orang lain. Viral loop paling sederhana adalah telepon. Untuk menelepon seseorang yang lebih dahulu memiliki telepon, kita harus telepon juga. Contoh lain adalah Paypal: untuk menerima uang pembayaran dari pengguna Paypal, kita harus memiliki akun Paypal. Atau seperti Selasar. Untuk membaca secara utuh konten yang dibagikan kawan kita, kita harus sign up/login menggunakan akun FB kita.

2. PAID ENGINE

Akuisisi menggunakan iklan berbayar. Mulai dari iklan billboard, iklan televisi, iklan media sosial, sampai iklan di mesin pencari.

Kita bisa menggunakan 2 mesin akuisisi ini sekaligus, terutama bila perusahaan kita sudah besar. Namun untuk startup, sangat disarankan untuk fokus pada 1 mesin terlebih dulu. Masing-masing mesin menawarkan banyak metode, namun tidak ada jaminan metode yang berhasil dijalankan pihak lain akan berhasil pada kita. Karena itu penting untuk selalu melakukan eskperimen untuk mengutak-atik dan mengoptimasi mesin pertumbuhan akuisisi ini, atau bahkan melakukan pivot (banting setir).

B. MESIN RETENSI

Mesin ini bertugas menjaga dan meningkatkan pertumbuhan pengguna untuk tetap berada dalam ekosistem kita atau terus-menerus menggunakan produk kita. Karena tak ada gunanya mengakuisisi pelanggan yang tidak pernah kembali lagi. Mereka harus terus kembali, terus membeli, bahkan membeli lebih banyak dari waktu ke waktu. Untuk produk tidak berbayar (seperti FB, Instagram, media online, social blog) wajib untuk terus meningkatkan user engagement yang kelak akan mereka monetize misalnya ke bentuk iklan.

3. STICKY ENGINE

Adalah kekuatan yang datang dari produk kita sendiri untuk terus meningkatkan customer/user value. Mesin ini tidak untuk mengakuisisi pengguna agar beradopsi pada produk kita, tapi meningkatkan kualitas adaptasi pengguna akan produk. Sticky engine adalah kekuatan yang melawan erosi (churn rate) yang terjadi pada jumlah pengguna yang telah berhasil kita akuisisi. Pengguna harus terus sticky (melengket) terus pada kita. 

Untuk produk berbayar, kita mesti bisa membuat pengguna terus-menerus membeli atau berlangganan dalam jangka panjang atau rutin. Bagi produk tak berbayar, mesin ini bertugas meningkatkan engagement pengguna seperti kenaikan jumlah kunjungan (traffic) per user atau waktu yang dihabiskan dalam ekosistem (spending time). Caranya adalah terus mengembangkan produk secara berkelanjutan, menjaga kualitas layanan, selalu engage dengan pengguna, memberikan pengalaman-pengalaman baru, serta memecahkan lebih banyak masalah.

(sumber gambar: shutterstock)

 485 Views

 2  0 

    

Comment

Write your answer View all answers to this question 

Author Overview

Hilman Fajrian 
CEO-Founder Social Lab

More Answers from Hilman Fajrian

View More 

Apa yang membuat Anda kecanduan media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram? 
3 Votes

Mengapa media disebut "Pilar Keempat" dalam demokrasi? 
3 Votes

Benarkah peran media arus utama atau media mainstream semakin terdesak oleh media sosial yang kontennya diisi para netizen? 
3 Votes

Mengapa rakyat Tiongkok bisa hidup tanpa media sosial buatan AS seperti Facebook dan Google? 
7 Votes

Mengapa di antara partai Islam lain, PKS yang memiliki haters paling banyak di media sosial? 
4 Votes

Copyright © Selasar 2017

Tentang Selasar 

Syarat dan KetentuanKebijakan Privasi Panduan PerilakuKontak

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home