Menciptakan celah celah baru, be a leader
Menciptakan celah celah baru dan jadi pemimpin.
Bisnis bisnis segera menjadi persaingan berdarah darah karena banyak pemainnya. Persaingan yang ketat membuat orang menurunkan harga dengan cepat, dan membuat terjebak didalam "never ending war" karena secara naluri semuanya tidak mau kehilangan pelanggan. Lalu bagaimana caranya menggaet pelanggan tanpa mengganggu pelanggan orang lain.
1. Menciptakan pilihan tambahan. /new kategori
Berpindahnya pelanggan karena ada pilihan lain yang melengkapi produk yang sudah ada selama ini. (complementary products).
2. Menyelesaikan masalah pelanggan yang selama ini masih ada dan belum terselesaikan oleh produk dan jasa yang ada selama ini. Contoh : gojek dll.
Sehingga, kalao ingin menikmati profit yang cukup yang memungkinkan bisnis dapat berkembang, bukan hanya sekedar untuk cukup makan saja. Perlu upaya upaya untuk mencari celah celah baru. Sayangnya mencari celah ini tidak menjadi attitude bagi pemain yang sudah berada di zona nyaman. Yang sudah punya "base costumer" cukup banyak.
Namun, pada kondisi ekonomi yang buruk, ketika segmen anda kekeringan apa yang akan anda lakukan? Saat saat terpojok itu anda akan memulai mencari sesuatu yang baru, mencari celah celah baru untuk membiayai karyawan anda. Walaupun itu sudah terlambat. Kenapa terlambat, karena anda akan menguras simpanan anda saat memulai sesuatu yang baru tersebut. Sementara tidak ada
Substitusi dari yang lain. Pelajaran yang sangat mahalll.
0 Comments:
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home